Membuat program dua bahasa menggunakan java sangatlah mudah sekali, untuk program ini sayamenggunakan if else if yang saya demokan disini adalah membuat menu dalam bahasa Inggris dan bahasa Arab
1. Membuat attribute kurang lebihnya seperti berkut
String name;
String titleg;
String berkas,newgame,keluar;//for file
String opsi,bahasa,Ar,En;//for option
String bantuan,caramain,about;//for help
String languages=En;
Image bg;
2. Buatlah konstruktor kemudian ketikkan kode berikut
Font f=new Font("Traditiional Arabic", 1, 13);
setFont(f);
if(languages==Ar){
//menu file arabic
titleg="العربية بين يديك";
berkas="ملف";
newgame="لعب جديد";
keluar="خروج";
//menu option arabic
opsi="الخيارات";
bahasa="اللغة";
Ar="عربي";
En="إنجليزي";
//menu help arabic
bantuan="مساعدة";
caramain="كيفية اللعب";
about="حول";
}
else if(languages==En)
{
//menu file eng
titleg="Arabia Baina Yadaik";
berkas="File";
newgame="New game";
keluar="Exit";
//menu option eng
opsi="Option";
bahasa="Language";
Ar="Arabic";
En="English";
//menu help eng
bantuan="Help";
caramain="How To Play";
about="About";
}
setTitle(titleg);
bg=new ImageIcon(getClass().getResource("images/arabiya.jpg")).getImage();
MyMenus();
MyPanel();
setSize(600, 600);
setResizable(false);
setVisible(true);
int h=Toolkit.getDefaultToolkit().getScreenSize().height;
int w=Toolkit.getDefaultToolkit().getScreenSize().width;
setLocation(w/2-this.getWidth()/2, h/2-this.getHeight()/2);
}
3. Buatlah method mymenus masukkan kode berikut
MenuBar menubar=new MenuBar();
Menu file=new Menu(berkas);
file.add(newgame);
file.add(keluar);
Menu option=new Menu(opsi);
Menu pilihbahasa=new Menu(bahasa);
pilihbahasa.add(Ar);
pilihbahasa.add(En);
option.add(pilihbahasa);
if(languages==Ar)
pilihbahasa.add(En);
else if (languages==En)
pilihbahasa.add(Ar);
// option.add(bahasa());
Menu help=new Menu(bantuan);
help.add(caramain);
help.add(about);
menubar.add(file);
menubar.add(option);
menubar.add(help);
setMenuBar(menubar);
}
4. Buatlah method paint(Graphics g), masukkan kode berikut
g.clearRect(0, 0, 600, 600);
g.drawImage(bg, 0, 0, 600, 600, null);
5.Buatlah method handleEvent(Event evt) menggunakan boolean
if(about.equals(evt.arg))
new About();
else if(keluar.equals(evt.arg))
System.exit(EXIT_ON_CLOSE);
else if(caramain.equals(evt.arg))
new HowToPlay();
return true;
Hasil keluaran programnya seperti berikut:1. Membuat attribute kurang lebihnya seperti berkut
String name;
String titleg;
String berkas,newgame,keluar;//for file
String opsi,bahasa,Ar,En;//for option
String bantuan,caramain,about;//for help
String languages=En;
Image bg;
2. Buatlah konstruktor kemudian ketikkan kode berikut
Font f=new Font("Traditiional Arabic", 1, 13);
setFont(f);
if(languages==Ar){
//menu file arabic
titleg="العربية بين يديك";
berkas="ملف";
newgame="لعب جديد";
keluar="خروج";
//menu option arabic
opsi="الخيارات";
bahasa="اللغة";
Ar="عربي";
En="إنجليزي";
//menu help arabic
bantuan="مساعدة";
caramain="كيفية اللعب";
about="حول";
}
else if(languages==En)
{
//menu file eng
titleg="Arabia Baina Yadaik";
berkas="File";
newgame="New game";
keluar="Exit";
//menu option eng
opsi="Option";
bahasa="Language";
Ar="Arabic";
En="English";
//menu help eng
bantuan="Help";
caramain="How To Play";
about="About";
}
setTitle(titleg);
bg=new ImageIcon(getClass().getResource("images/arabiya.jpg")).getImage();
MyMenus();
MyPanel();
setSize(600, 600);
setResizable(false);
setVisible(true);
int h=Toolkit.getDefaultToolkit().getScreenSize().height;
int w=Toolkit.getDefaultToolkit().getScreenSize().width;
setLocation(w/2-this.getWidth()/2, h/2-this.getHeight()/2);
}
3. Buatlah method mymenus masukkan kode berikut
MenuBar menubar=new MenuBar();
Menu file=new Menu(berkas);
file.add(newgame);
file.add(keluar);
Menu option=new Menu(opsi);
Menu pilihbahasa=new Menu(bahasa);
pilihbahasa.add(Ar);
pilihbahasa.add(En);
option.add(pilihbahasa);
if(languages==Ar)
pilihbahasa.add(En);
else if (languages==En)
pilihbahasa.add(Ar);
// option.add(bahasa());
Menu help=new Menu(bantuan);
help.add(caramain);
help.add(about);
menubar.add(file);
menubar.add(option);
menubar.add(help);
setMenuBar(menubar);
}
4. Buatlah method paint(Graphics g), masukkan kode berikut
g.clearRect(0, 0, 600, 600);
g.drawImage(bg, 0, 0, 600, 600, null);
5.Buatlah method handleEvent(Event evt) menggunakan boolean
if(about.equals(evt.arg))
new About();
else if(keluar.equals(evt.arg))
System.exit(EXIT_ON_CLOSE);
else if(caramain.equals(evt.arg))
new HowToPlay();
return true;
English menu |
Arabic menu |
No comments:
Post a Comment